HIPNOTERAPI PADA PASIEN NYERI KRONIK

Lucas Nando Nugraha, Sugianto Adisaputro

Abstract


Nyeri adalah sensasi yang sangat menggangu dan mendorong pasien untuk berkunjung pada dokter. Bila nyeri yang diderita bersifat kronik maka akan menimbulkan penderitaan sangat berdampak pada kondisi sosial dan psikologis. Pada pengelolaan nyeri kronik diperlukan pendekatan multidisiplin dan holistik. Baik farmakologi maupun non-farmakologi, baik fisik maupun psikis.
Terapi non farmakologi yang akan dibahas pada tinjauan pustaka ini adalah hipnoterapi. Banyaknya teknik pada hipnoterapi sering membuat terapis sering kurang tepat dalam memilih teknik yang sesuai pada pengelolaan nyeri kronik sehingga menjadi tidak efektif dan efisien dalam proses terapi.
Hipnoterapi adalah terapi non-farmakologi yang tidak bersifat invansif dan dapat meminimalisir biaya dalam pengelolaan nyeri kronik. Hipnoterapi bersifat memandirikan pasien dengan adanya teknik anchoring sehingga dapat mengurangi morbiditas dalam kasus nyeri. Itulah sebabnya topik hipnoterapi ini diangkat dalam pembahasan ini.
Pada tinjauan pustaka ini menjelaskan teknik hipnoterapi yang sesuai sebagai terapi non-farmakologi dengan cara menimbulkan penerimaan terhadap rasa nyeri sehingga pasien mendapat manfaat pengobatan secara holistik dapat dalam pengelolaan nyeri kronik.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.21460/bikdw.v2i2.54

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Berkala Ilmiah Kedokteran Duta Wacana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.