KEPUASAN PASIEN STROKE PESERTA JKN DI RS LESTARI RAHARJA DAN RSUD MUNTILAN KABUPATEN MAGELANG

Eka Ari Wibawa, Tjahjono Kuntjoro, Rizaldy Taslim Pinzon

Abstract


Latar Belakang: Stroke merupakan penyebab kematian nomor tiga, setelah
penyakit jantung dan kanker. Stroke juga merupakan penyebab utama kecacatan
fisik maupun mental pada usia lanjut dan produktif. Jumlah penderita stroke di
Indonesia semakin bertambah dan diderita oleh semua lapisan masyarakat.
Keadaan tersebut harus mendapatkan perhatian, sehingga penanganan penderita
stroke diharapkan dilakukan dengan suatu standar yang pasti. Pelayanan yang
dilakukan dengan standar akan menghasilkan mutu pelayanan rumah sakit yang
dapat dipertanggungjawabkan dan pada akhirnya memunculkan kepuasan
pasien.
Tujuan: Tujuan dari penelitian ini adalah membandingkan kepuasan
pasien penderita stroke peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) terhadap
mutu pelayanan RS Lestari Raharja Magelang dan RSUD Muntilan Kabupaten
Magelang.
Metode: Penelitian ini merupakan penelitian relational, dengan disain
penelitian kombinasi model concurrent embedded. Instrumen yang digunakan
dalam penelitian ini adalah menggunakan kusioner tertutup yang telah dipakai
oleh peneliti sebelumnya dan pedoman wawancara yang disusun semi struktural,
yaitu berupa pertanyaan-pertanyaan yang digunakan untuk mendapatkan
informasi lebih mendalam tentang faktor kepuasan pasien secara umum maupun
berdasarkan 5 aspek; penampilan fisik, kemampuan pelayanan yang akurat, daya
tanggap, jaminan dan empati kepada pasien/ keluarga pasien penderita stroke di
rumah sakit.
Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa 82,4% pasien penderita stroke
di RSUD Muntilan Kabupaten Magelang dan 74,2% pasien penderita stroke di RS
Lestari Raharja yang merupakan peserta JKN menyatakan puas terhadap
pelayanan rumah sakit. Hasil analisa bivariat hubungan jenis rumah sakit
terhadap kepuasan pasien menunjukkan tidak ada hubungan yang signifikan (OR
1,63, 95% CI 0,51-4,90 dan p value 0,33). Hasil analisa multivariat pengaruh jenis
rumah sakit terhadap kepuasan pasien menunjukkan tidak ada hubungan yang
signifikan antara jenis rumah sakit terhadap kepuasan pasien (OR 1,38, 95%CI
0,36-5,28 dan p value 0,63).
Kesimpulan: Penelitian ini menunjukkan tidak ada perbedaan kepuasan
pasien penderita stroke yang dirawat di RS Lestari Raharja dan RSUD Muntilan
Kabupaten Magelang serta tidak ada hubungan antara jenis rumah sakit terhadap
kepuasan pasien.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.21460/bikdw.v2i1.37

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Berkala Ilmiah Kedokteran Duta Wacana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.